Workshop Sistem Pengelolaan Data dan Informasi Bagi Staf Yayasan Mitra Tani Mandiri

Yayasan Mitra Tani Mandiri sebagai sebuah lembaga yang bergerak dalam bidang pengembangan masyarakat perlu memiliki sistim data dan informasi yang tersrtuktur, sistimatis dan akurat pada setiap level/tingkatan. Karena itu sejak tahun 2011 YMTM telah mengembangkan dan memiliki sistem pengelolaan data dan informasi yang tertata, sesuai dengan kebutuhan program. Sistem data dan informasi yang dikembangkan YMTM menggunakan program microsoft access. Kelebihan dari penggunaan microsoft access adalah mampu menampung data dalam jumlah yang banyak, memudahkan dalam mengatur tabelnya serta file databasenya aman karena tidak bisa diakses oleh pihak lain. Selain itu penggunaan microsoft access untuk pengisian data yang digunakan oleh YMTM selama ini cukup efektif dan memudahkan dalam melakukan analisa data karena data bisa dipilah berdasarkan periode atau desa.

Akan tetapi pengetahuan dan ketrampilan staf dalam mengaplikasikan microsoft access masih terbatas sehingga kadang data yang di input di tingkat lembaga belum sinkron dengan data yang ada di buku pegangan staf lapangan.

Sehubungan dengan itu maka pada tanggal 13-16 April 2019 bertempat di kantor YMTM Kefamenanu telah diselenggarakan sebuah workshop sistem pengelolaan data dan informasi bagi staf YMTM. Workshop ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan staf YMTM tentang sistem data dan informasi sehingga tertata sejak pengumpulan data, input data di lapangan pada buku profil data desa yang dipegang oleh PL dan input data pada form microsoft access, selanjutnya dapat meningkatkan kemampuan staf pada level supervisor dan koordinator dalam membuat design form, tabel menggunakan microsoft access, dan pada akhirnya dengan pelatihan atau workshop ini sistem pengelolaan data program dapat disesuaikan dengan perkembangan dan perubahan isu program. Workshop ini difasilitasi oleh staf YMTM yang telah berpengalaman yaitu Yosef Sumu, SP, Agustinus Naisanit, S.Pd. dan Petrus T. Naibobe, SP.

Output yang akan dicapai dalam workshop ini adalah tersedianya hasil design tabel dan form microsoft access dan form buku profil data desa sebagai pegangan Petugas Lapangan (PL) untuk menginput dan mengupdate data program secara periodik, PL mampu menginput data pada form buku data profil desa yang telah disediakan dan menginput pada tabel dan form micosoft access, dapat terisinya form data partisipan program sebagai langka awal pembelajaran dan lembaga YMTM memiliki sistim pengelolaan data program yang lebih update.