Survey Pasar Komoditi Pertanian

Dalam program kerja sama Pembangunan Desa Terpadu antara Yayasan Mitra Tani Mandiri dengan Caritas Australia di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), salah satu program yang dikembangkan yaitu pengembangan usaha ekonomis dan pemasaran yang adil yang meliputi pengembangan UBSP, pengelolaan pasca panen, pengembangan ternak sapi, pemasaran kolektif ternak sapi dan komoditi pertanian. Berdasarkan pengalaman pemasaran komoditi pertanian serta ternak telah meningkatkan pendapatan petani, namun kadang petani menjual sendiri-sendiri dengan harga yang sangat murah. Untuk mendukung pengembangan pemasaran bersama maka perlu dilakukan survey pemasaran di pasar-pasar lokal guna mendapatkan informasi pasar secara baik sekaligus mempermudah petani memasarkan produk yang dihasilkan.

Survei pasar ini bertujuan mengidentifikasi peluang pangsa pasar komoditas sayur-sayuran, buah-buahan dan produk olahan komoditi pertanian lainnya serta membangun kemitraan dan jaringan kerjasama antara para pelaku pasar di Soe dan Kupang dengan kelompok tani dampingan sebagai petani produsen. Adapun beberapa informasi yang akan menjadi fokus untuk dikumpulkan yaitu jenis, kapasitas dan kualitas sayur, buah-buahan dan komoditi lainnya yang dipasarkan, daerah asal suplay dari masing-masing komoditi pertanian yang dipasarkan, kalender musim tanam dan panen dari masing-masing komoditi pertanian yang dipasarkan, fluktuasi harga dari masing-masing jenis komoditi pertanian yang dipasarkan, jenis sayur yang paling dibutuhkan pasar/produk olahan (pasar umum, restoran, hotel), harga dan standar mutu rantai pemasaran dan harga dari komoditas sayur/produk olahan dari petani sampai konsumen dan tantangan yang dihadapi dalam pemasaran sayur dan produk olahan. Survei dilakukan oleh tim YMTM melibatkan wakil petani kader pemasaran dari 6 desa sasaran program.

Metode yang digunakan dalam survei ini yakni wawancara aktor kunci. Tim Survey menerapkan strategi investigasi pasar dengan menggunakan prinsip “follow the lead”  untuk mendapatkan informasi secara berkesinambungan dari tingkat petani sampai penjual sayur dan produk olahan di pasar.    Informan kunci dalam survei pasar ini yakni pedagang pengecer sayuran di pasar Inpres Soe, Pasar Inpres Kuanino-Kupang, Pasar Oeba-Kupang, Pasar Oesapa-Kupang dan Pasar Penfui Kupang.  Survei dilaksanakan pada hari Selasa-Rabu, tanggal 3-4 Maret 2020.