Manfaat Dari Pupuk Bokasi Padat Untuk Tanaman Jeruk Dan Jagung

Desa Mandeu Raimanus - Belu

Nama saya Yohanes Hale dari Desa Mandeu Raimanus, kelompok Moris Hamutu, dalam kepengurusan kelompok saya dipercayakan sebagai penasehat kelompok, saya sekarang sudah berumur 72 tahun. Saya sudah banyak merasakan  manfaat dari penggunaan pupuk bokasi padat, yang di buat dari bahan-bahan alam yang ada di sekitar kita tanpa kita keluarkan uang, dan tidak membutuhkan biaya yang begitu besar. Saya sudah dua kali menggunakan pupuk ini pada tahun pertama gunakan pada tanaman jeruk, sedangkan pada tahun ini pada tanaman jeruk juga tanaman jagung dengan teknologi olah lubang.

Perubahan yang sangat signifikan adalah pada tanaman jeruk yang sebelumnya tidak di rangsang dengan pupuk bokasi, tanaman jeruk tumbuh tidak subur, akan tetapi ketika di taburkan dengan pupuk bokasi padat, tanaman ini sangat berubah dalam pertumbuhannya. Sudah empat kali pupuk ini di buat oleh kelompok kami, pada tahun sebelumnya pupuk ini dipergunakan untuk tanaman umur panjang akan tetapi pada tahun ini kami gunakan juga untuk tanaman jagung melalui teknologi olah lubang, begitupun hasil yang kita lihat sangat subur di banding dengan sebelumnya tidak ada perlakuan dengan menggunakan pupuk bokasi.

Dalam persiapan tahun yang akan datang kelompok kami akan membuat pupuk bokasi dalam jumlah yang lebih banyak, dari tahun-tahun sebelumnya, pada tahun sebelumnya kami menanam jagung tidak olah lubang dan tidak menggunakan perlakuan dengan pupuk, akan tetapi pada tahun ini banyak anggota kelompok kami mempersiapkam lahan dengan sistem olah lubang dan menggunakan pupuk bokasi padat. Untuk itu saya menyarankan kepada teman-teman petani, kita harus manfaatkan kotoran ternak yang ada dengan membuat pupuk bokasi padat, sehingga tanaman yang kita tanam dapat memberikan hasil yang baik. Karena kelompok kami sudah banyak yang mencoba dan berhasil, baik untuk tanaman umur panjang maupun tanaman umur pendek. Kita harus banyak menggunakan pupuk bokasi,  karena tidak membutuhkan biaya yang banyak dan juga bahan-bahannya ada di sekitar kita.