Kebun Sebagai Pensiunan Petani

Desa Noeltoko - TTU

Nama saya Emanuel Kosat, saya memiliki seorang istri dan 3 orang anak putri. Saya tinggal di desa Noeltoko kecamatan Miomaffo Barat. Desa yang mendapat dampingan dari Yayasan Mitra Tani mandiri pada awal tahun 2011. Di desa Noeltoko terdapat 8 kelompok tani yang bernaung dibawa payung lopotani Nuah Toko yang diketuai oleh saya sendiri.

Menjadi ketua Lopotani, saya harus banyak belajar, kerja keras, memberi contoh dalam bertani agar bisa ditiru oleh anggota yang saya pimpin sehingga saya tidak terbeban saat menggerakkan anggota atau kelompok untuk bekerja. Selama ini sebelum saya mendapat dampingan dari YMTM, pola pikir saya tidak luas, saya hanya berpikir kerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari tetapi sekarang saya tidak berpikir itu lagi, saya berpikir untuk bekerja menghasilkan uang.

Pada bulan  Oktober  tahun 2012, saya diberi kesempatan oleh YMTM untuk mengikuti kunjungan belajar di Flores kabupaten Nagekeo. Di sana saya belajar dari petani yang didampingi Yayasan Mitra Tani Mandiri Flores dengan menanam pohon mahoni dalam jumlah banyak. Sekarang saya sudah meniru, saya memiliki 5 bidang lahan, 2 bidang lahan saya sudah menanam tanaman mahoni dan jati putih sebanyak 2.835 pohon, sementara ini juga saya sedang mempersiapkan kokeran jati putih untuk 2 kebun yang lain. Sedangkan kebun yang satu saya menanam pangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Untuk analisa usaha, sekarang saya berumur 47 tahun, 20 tahun kemudian saya berumur 67 tahun, saat itu tenaga saya sudah berkurang, saya tidak bisa bekerja kebun lagi, tetapi saya dan keluarga siap memanen hasil dari tanaman yang saya tanam.

Sekarang saya sudah menaman 2.835 pohon kayu bangunan dan 20 tahun kemudian saya jual dengan satu pohon Rp 100.000 berarti saya mendapat uang sebanyak Rp 283.500.000. Nilai ini sangat besar bagi kami petani. Sekarang saya memiliki prinsip TSTTP ( Tanam Sekarang Tua  Tinggal Panen).

Saat pertemuan lopo tani maupun kelompok, saya selalu memotivasi anggota untuk menanam pohon dalam jumlah banyak. Terima Kasih YMTM, sudah membantu saya mempersiapkan tabungan atau pensiunan saya sebagai petani di hari tua.